Perkembangan Budaya Politik di Indonesia Hari Ini


Di zaman reformasi seperti sekarang terlihat banyak pengaruh yang diberikan masyarakat untuk bagian pemerintahan. Zaman semakin maju akses publik pun semakin mudah didapatkan. Mulai dari keseharian presiden yang giat membangun sampai ke pelosok negeri, hingga tetangga jauh yang brisik karena peta versi baru menuliskan nama Laut Natuna Utara. Atau malah AZKABA milik Armada berhasil menyalip jumlah viewer SCUS milik LastChild Virgoun. :v


 Baru-baru ini ketika artikel ini ditulis,terjadi pembantaian suatu etnis di Myanmar yang melanggar nilai kemanusiaan. Tentu banyak kalangan masyarakat mulai dari sekelas penikmat media cetak seperti koran hingga sekelas presiden pun ikut memberi tindakan terhadap sikap yang bertentangan tersebut.

Namun yang saya soroti kali ini adalah bagaimana dari salah satu pihak yang menuntut sikap yang nyata oleh presiden. Sebagian masyarakat berpikiran bahwa pemerintah Indonesia kurang tanggap melawan tindakan yang bertentangan dengan sikap politik Indonesia,yaitu sikap politik luar negeri yang Bebas Aktif.

Tentu masyarakat yang geram atas pemerintahan berspekulasi. Bagaimana bisa negara yang besar ini tidak mampu membantu banyak untuk meredakan kondisi ini .Padahal masih dalam satu kawasan yang sama pula. Banyak masyarakat yang aktif menyuarakan suaranya untuk kepentingan tersebut. Banyak pula yang mengkritisi pemerintahan
.
Dari gambaran diatas dapat dijadikan sampel bagaimana keadaan kecil politik di Indonesia. Walaupun bukan membahas keadaan di dalam negeri tetapi masih banyak yang menaruh rasa peduli,terlebih suara yang dikeluarkan menentukan bagaimana sikap negara dalam mengambil sebuah keputusan.

Budaya politik Indonesia semakin berkembang menuju arah demokrasi yang modern. Terlihat bagaimana antusiasnya rakyat yang semakin hari semakin menjadi. Tentu ada dampak positif dan negatifnya, dan dampak negatifnya pun sering timbul karena dimanfaatkan oleh pihak yang mencari dukungan dari celah tersebut.

Intinya budaya politik yang berkembang sekarang menurut sudut pandang keseharian di masyarakat menunjukkan semakin banyak partisipasi warga negara dalam berpolitik. Masyarakat semakin sadar akan hak dan tanggung jawab dalam berpolitik,serta tidak menerima begitu saja keadaan yang sedang terjadi atas objek politik,baik umum,input,dan output.


Terlepas dari penjelasan tadi masih ada masyarakat Indonesia yang berpandangan politik Tradisional ataupun Subjek. Semua tergantung dari sudut pandang. Semoga Bermanfaat.

--------------------------------------------------------------------------------------

Nb.Tulisan ini merupakan opini penulis,apabila kurang sependapat silahkan membuka forum diskusi di kolom komentar. Sejatinya artikel ini benar-benar tulisan pribadi dan dalam rangka memenuhi nilai tugas mata pelajaran PKN. Sekian,Terima Kasih

Sebelumnya, berhubung Admin mendapat tugas dan semakin lama blog ini tidak terurus maka satu persatu tugas yang layak akan terpampang menghiasi layar kaca anda. Jadi tugas yang berhasil saya kerjakan dan juga luapan opini aneh saya setidaknya memberikan sedikit manfaat untuk diri anda. Doakan saja di mudahkan dalam urusan ini sehingga anda bisa nyaman singgah di blog ini. Matur Nuwun

Related Post

Previous
Next Post »